Pemahaman tentang Jaringan Komputer

Posted by : Rafi Ramdhani Release on : 6:20 AM




Asslamualaikum wr wb

Bertemu lagi dengan saya Rafi Ramdhani,  pada kali ini saya akan membagikan ilmu yang saya pelajari hari ini. Yaitu Pemahaman tentang Jaringan Komputer.


A. Pengertian 

Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana.: Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

B. Latar Belakang

Karena Jaringan Komputer merupakan hal yang penting bagi kita jika ingin belajar mengenai Internet .

C. Maksud Dan Tujuan

Ingin mengenalkan kalian yang belum atau yang sudah tahu apa itu Jaringan Komputer.

D. Hasil Yang di Harapkan


Manfaat Jaringan 


1.  Jaringan komputer memungkinkan seseorang dapat mengakses file yang dimiliki (upload) atau file orang lain yang telah diizinkan untuk diakses (download), dimana pun dan kapan pun.



2.  Jaringan komputer memungkinkan proses pengiriman data dapat berlangsung cepat dan efisien.

3.  Jaringan komputer memungkinkan adanya sharing hardware antar client-nya.

4.  Jaringan komputer memungkinkan seseorang berhubungan dengan orang lain di berbagai negara dengan berupa teks, gambar, audio, dan video secara real time.

5.  Jaringan komputer dapat menekan biaya operasional,  seperti pemakaian kertas, pengiriman surat atau berkas, telepon serta pembelian hardware jaringan.


Macam Macam Jaringan Komputer

Jaringan Komputer dan Internet dapat dikelompokan sebagai berikut

1. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data

a. Jaringan terpusat

Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server

b. Jaringan terdistribusi

Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.

2. Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi:

a. Jaringan LAN

Merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1 warnet.

b. Jaringan MAN

Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.

c. Jaringan WAN

Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya jaringan PT. Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.

3. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data.

a. Jaringan Client-Server

Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.

b. Jaringan Peer-to-peer

Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.



4. Berdasarkan media transmisi data



a. Jaringan Berkabel (Wired Network)

Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

b. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

E. Kesimpulan

Setiap menggunakan sesuatu pasti memiliki dampak yang mungkin akan terjadi,
tergantung bagaimana cara kita menggunakannya.

F. Referensi


Related Post

No comments