Pengertian OSI Layer

Posted by : Rafi Ramdhani Release on : 3:48 PM

Asslamualaikum wr wb

Hay kawan kawan, kali ini saya akan membahas Pengertian OSI Layer. Kira-kira diantara kalian ini ada yang tahu nggak sih, apa itu OSI Layer ?. Oke, untuk membahas lebih lanjut lagi tentang OSI Layer, yuk kita pelajari di blog ini.

A. Pengertian 

OSI Layer adalah standar komunikasi yang diterapkan didalam jaringan komputer. Standar itulah yang menyebabkan seluruh alat komunikasi dapat saling berkomunikasi melalui jaringan. OSI sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection. Model ini disebut juga dengan model "Model tujuh lapis OSI" (OSI seven layer model).

B. Latar Belakang

Karena Pembelajaran pertama yang wajib kita pelajari sebelum belajar Subnetting adalah OSI Layer.

C. Maksud Dan Tujuan

Agar kita mengetahui konsep dan tata cara kerja dari sebuah Jaringan dan tata cara pengelolaannya.


 D. Tujuh Model OSI & Fungsinya

1. Physical layer

Physical layer adalah lapisan pertama dalam model referensi jaringan OSI (lapisan ini merupakan lapisan terendah) dari tujuh lapisan lainnya. Lapisan ini mendefinisikan antarmuka dan mekanisme untuk meletakkan bit-bit data di atas media jaringan (kabel, radio, atau cahaya). Selain itu, lapisan ini juga mendefinisikan tegangan listrik, arus listrik, modulasi, sinkronisasi antar bit, pengaktifan koneksi dan pemutusannya, dan beberapa karakteristik kelistrikan untuk media transmisi.

2. Data-link layer

Data-link layer adalah lapisan kedua dari bawah dalam model OSI, yang dapat melakukan konversi frame-frame jaringan yang berisi data yang mendeteksi kesalahan dan pentransmisian ulang terhadap frame yang dianggap gagal. MAC address juga diimplementasikan di dalam lapisan ini. Selain itu, beberapa perangkat seperti Network Interface Card (NIC), switch layer 2 serta bridge jaringan juga beroperasi di sini.

Protokol yang berada dalam lapisan ini :

1. PPP (Point to Point Protocol)

2. SLIP (Serial Line Internet Protocol)

3. Network layer

Network layer adalah lapisan ketiga dari bawah dalam model referensi jaringan OSI. Lapisan ini bertanggung jawab untuk melakukan  Pengalamatan logis dan melakukan pemetaan (routing) terhadap paket-paket melalui jaringan, Membuat dan menghapus koneksi dan jalur koneksi antara dua node di dalam sebuah jaringan.Mentransfer data, membuat dan mengkonfirmasi penerimaan, dan mengeset ulang koneksi.

Protokol yang berada dalam lapisan ini :

1. IP (Internetworking Protocl)
2. ARP (Address Resulotion Protocol)
3. RARP (Reverse Address Resulotion Protocol)
4. ICMP (Internet Control Message Protocol)
5. IGMP (Internet Group Message Protocol)

4. Transport layer

Lapisan transpor atau transport layer adalah lapisan keempat dari model referensi jaringan OSI. Lapisan transpor bertanggung jawab untuk menyediakan layanan-layanan yang dapat diandalkan kepada protokol-protokol yang terletak di atasnya.

Protokol yang berada dalam lapisan ini :

1. TCP (Transmission Control Protocol)
2. UDP (User Datagram Protocol)

5. Session layer

Session layer adalah lapisan kelima dari bawah dalam model referensi jaringan OSI, yang mengizinkan sesi koneksi antara node dalam sebuah jaringan dibuat atau dihancurkan. Session Layer tidak tahu menahu mengenai efisiensi dan keandalan dalam transfer data antara node-node tersebut, karena fungsi-fungsi tersebut disediakan oleh empat lapisan di bawahnya dari dalam model OSI

Protokol yang berada dalam lapisan ini :

1. NetBIOS
2. NetBEUI (NetBIOS Extendeed User Interface)
3. ADSP (AppleTalk Data Stream Protocol)
4. PAP (Printer Access Protocol)
5. SPDU (Session Protocol Data Unit)

6. presentation layer

presentation layer adalah lapisan keenam dari bawah dalam model referensi jaringan terbuka OSI. Pada lapisan ini terjadi pembuatan struktur data yang didapatnya dari lapisan aplikasi ke sebuah format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan. Lapisan ini juga bertanggungjawab untuk melakukan enkripsi data, kompresi data, konversi set karakter (ASCII, Unicode, EBCDIC, atau set karakter lainnya), interpretasi perintah-perintah grafis, dan beberapa lainnya.

Protokol yang berada dalam lapisan ini :

1. TELNET (Telecommunication Network)
2. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
3. SNMP (Simple Network Management Protocol)

7. Application layer

Application layer menjelaskan tentang spesifikasi untuk lingkup dimana aplikasi jaringan berkomunikasi dengan layanan jaringan. Menyediakan jasa untuk aplikasi pengguna. Layer ini bertanggungjawab atas pertukaran informasi antara program komputer, seperti program E-mail, dan service lain yang jalan di jaringan, seperti server printer atau aplikasi komputer lainnya. Berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan mengatur bagaiman aplikasi dapat mengakses jaringan dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan.

Protokol yang berada dalam lapisan ini :

1. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)
2. FTP (File Transfer Protocol)
3. NFS (Network File System)
4. DNS (Domain Name System)
5. POP3 (Post Office Protocol)
6. MIME (Multipurpose Internet Mail Extension)
7. SMB (Server Message Block)
8. NNTP (Network News Transfer Protocol)
9. DHCP (Dynamic Configuration Protocol)

E. Kesimpulan 
    OSI Layer bisa digunakan saat kita mengalami masalah dalam jaringan , istilah lainya yaitu untuk mendiagnosa permasalahan dari sebuah jaringan. Jadi, penting untuk kita untuk memahami tentang OSI Layer.

F. Referensi 

https://id.wikipedia.org/wiki/Model_OSI
https://knowledgeisopensource.blogspot.co.id/2016/01/pengertian-7-osi-layer-dan-tcpip.html

Related Post

No comments