Pengertian Tentang Teknik Komputer dan Jaringan

Posted by : Rafi Ramdhani Release on : 7:31 PM



Asslamualaikum wr wb

Hay kawan kawan, Bertemu lagi dengan saya Rafi Ramdhani. Disini saya akan membagikan ilmu yang saya dapat pada hari ini, yaitu Apa itu Teknik Komputer dan Jaringan. Bagi kalian yang mengaku anak TKJ, Apa sih itu TKJ, Komputer, dan jaringan?

A. Latar Belakang

Untuk membagikan pengertian dari Teknik Komputer dan Jaringan lebih dalam lagi.


B. Maksud Dan Tujuan

 Maksud dan tujuan saya adalah untuk memberitahu kepada  kalian yang mengaku TKJ untuk lebih mengenal lebih dalam lagi dan tahu arti sesungguhnya dari TKJ.



C. Pengertian


TKJ Atau Teknik Komputer dan Jaringan merupakan Sebuah Kejuruan yang hanya ada di STM/SMK yang mempelajari tentang cara merakit Komputer, Jaringan, Sistem Operasi, Menganalisa Hardware dan Software, dan menginstalasi Program Komputer.  

Teknik atau bahasa Inggrisnya engineering adalah penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia.
 
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri

Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer  


D. Kesimpulan

Dari Pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa TKJ Atau Teknik Komputer dan Jaringan merupakan Sebuah Kejuruan yang mempelajari tentang cara merakit Komputer, Jaringan, Sistem Operasi, Menganalisa Hardware dan Software, dan menginstalasi Program Komputer. Jika kalian ingin mengambil suatu jurusan, seharusnya kalian tau apa jurusan  yang kalian ambil itu, dan pelajaran apa yang dipelajari dari jurusan tersebut. Karena sekarang ini jurusan TKJ merupakan jurusan yang sangat populer/banyak peminatnya, meskipun banyak sekali saingan dari jurusan TKJ yaitu jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), jurusan Multimedia, dan lain-lain. Jurusan TKJ sangatlah mudah untuk dipelajari hanya modal kemauan untuk belajar dan belajar.


E. Referensi

 
https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer
https://id.wikipedia.org/wiki/Komputer
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknik

Related Post

No comments